Home Hiburan Gunung maras, Tonggak Pulau Bangka

Gunung maras, Tonggak Pulau Bangka

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Gunung maras, Tonggak Pulau Bangka
0
80

Gunung Maras  terletak di Pulau Bangka, tepatnya di Desa Rambang, Kabupaten Riau Silip Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Gunung Maras berjarak sekitar 70 km ke Sungailiat , sedangkan dari Belinyu berjarak sekitar 33 km. Gunung Maras adalah satu-satunya gunung di Pulau Bangka. Gunung Maras bukanlah Gunng berapi aktif (volcano) .

Tidak banyak orang tahu bahwa pulau Bangka memiliki air terjun yang cukup eksotis dan belum terjamah. Air terjun yang terletak di kaki bukit desa Maras Dalil, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memang hanya beberapa tahun menjadi tujuan wisata lokal. Air jernih dan alami adalah daya tarik utama. Batu-batu besar masih berserakan di sepanjang alur air terjun. Air dingin dari bukit tertinggi di provinsi penghasil timah tidak menghentikan pengunjung datang untuk bermain air dan mandi. Bahkan beberapa pengunjung mencoba untuk meningkatkan adrenalin mereka dengan melompat dari atas tebing-tebing air terjun yang tingginya sekitar 6 meter.

Tetapi untuk datang ke tempat ini tidaklah mudah. Jalan berliku dan berlumpur sering terjadi. Dari desa Dalil pengunjung harus melewati perkebunan sawit yang luas. Tetapi tidak perlu khawatir tersesat karena setiap persimpangan memiliki tanda jalan menuju air terjun.

Setelah keluar dari perkebunan sawit, jalan yang lebih ekstrim telah menunggu. Jalanan pasir berlumpur sejauh perjalanan ke bukit. Bahkan beberapa akses jalan harus melalui jembatan yang terbuat dari kayu untuk menyeberang beberapa anak sungai.

Sesampainya di tempat parkir kaendaraan , pengunjung harus berjalan kaki ke lokasi air terjun karena akses jalan menujut tempat hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki. Pemandangannya terlihat indah menatap bukit maras yang kokoh dari jarak dekat. Setelah sekitar 1 kilometer berjalan kaki, deru air terjun mulai terdengar mengartikan lokasi sudah sangat dekat.

Jangan heran jika tempat ini penuh dengan pengunjung karena menurut penduduk setempat, wisata air terjun adalah wisata baru dibandingkan dengan banyak pantai di provinsi ini. Pengunjung juga disarankan untuk membawa persediaan makanan dan minuman mereka sendiri di lokasi ini. Karena tidak ada warga yang menjual apa pun.

Load More Related Articles
Load More By Admin2
Load More In Hiburan
Comments are closed.

Check Also

Megawati: Prabowo Tak Pernah Menghujat

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP  mengatakan, hubungan pribadinya dengan Prabowo Sub…