Home Budaya Mi Celor, Kuliner Palembang Rasa Mantap

Mi Celor, Kuliner Palembang Rasa Mantap

4 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Mi Celor, Kuliner Palembang Rasa Mantap
0
101

Palembang mempunyai masakan mie kuah yang gurih enak. Kaldunya dari santan dan udang sehingga rasanya gurih mantap. Enak dimakan hangat. Selain pempek, Palembang punya mie celor yang unik. Mie celor banyak disajikan di kedai pempek, atau restoran khas Palembang. Kuahnya kental dengan paduan santan dan kaldu udang. Disajikan dengan telur rebus. Gurih mantap. Mie celor adalah hidangan sup mie yang disajikan dalam santan dan kaldu udang, spesialisasi kota Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia. Ini terbuat dari mie gandum kuning yang agak besar, dengan ukuran mirip dengan mie soba Jepang. Kaldu dapat dibuat dari ebi (udang kering) atau udang segar, dimasak dengan santan yang kaya. Mie disajikan dengan tauge dan telur rebus, dan ditaburi irisan seledri segar, daun bawang dan bawang goreng. Sebelum disajkan mie dan tauge di “seduh” terlebih dahulu atau istilah Palembang-nya di “celor” sehingga matang tanpa lembek. Inilah asal usul nama mie celor Palembang.

Kandungan gizi yang terdapat didalam mie celor cukup seimbang guys. Mie yang terbuat dari tepung terigu mengandung 77.3gr karbohidrat, 8.9gr protein, 12mg air, 365kal kalori dan kandungan lainnya. Telur sebagai sumber protein mempunyai banyak keunggulan antara lain, kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan bahan makanan lain seperti ikan, daging, ayam, tahu, tempe, dll. Dalam 100gr telur mengandung 162kal kalori, 12.8gr protein, 11.5gr lemak, 0.7gr karbohidrat, 900 SI vitamin A, 0.1mg thiamin. Namun untuk konsumsi telur tetap harus dibatasi, mengingat kadar lemak dan kolesterol dalam telur yang cukup tinggi.

Mie Celor disiapkan dari bahan-bahan seperti mie telur. Biasanya penjual mie selor di Palembang membuat mie telur sendiri untuk diolah, sehingga setiap penjual memiliki rasa dan cita rasa mie celor yang khas. Selain mie telur, bahan-bahan lain yang digunakan termasuk tauge, daging udang, telur, dan daun bawang. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat kaldu mie celor termasuk air rebusan udang yang sudah menjadi kaldu. Agar lebih gurih ditambah campuran santan, susu, telur, dan tepung. Untuk menambahkan lebih banyak rasa, lada, limo, serai, garam, gula, dan tambahkan perasa secukupnya. Cara membuat kaldu mie Celor juga sangat sederhana. Pertama-tama, rebus kaldu udang, ditambah dengan susu, santan, merica, gula, dan garam. Sambil terus diaduk, masukkan telur dan tepung perlahan tanpa henti diaduk. Aduk terus sampai saus menjadi kental dan mendidih, lalu tambahkan bumbu secukupnya.

Load More Related Articles
Load More By Admin
Load More In Budaya
Comments are closed.

Check Also

Megawati: Prabowo Tak Pernah Menghujat

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP  mengatakan, hubungan pribadinya dengan Prabowo Sub…