Home Wisata Pesona Lombok Menarik Untuk Dikunjungi

Pesona Lombok Menarik Untuk Dikunjungi

5 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Pesona Lombok Menarik Untuk Dikunjungi
0
80

Berada tidak jauh dari Pulau Dewata menjadikan Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu destinasi wisata yang semakin populer dan berkembang.  Serupa dengan Bali, Lombok juga menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pantai, pulau, bukit, bahkan gunung api tertinggi kedua di Indonesia.

Dari sisi adat istiadat, Lombok pun tak kalah saing dengan Desa Adat yang warganya masih menjalani ritual upacara dan melestarikan budayanya hingga sekarang.

Pastikan Lombok masuk ke wacana berlibur tahun ini, berikut ulasan 5 destinasi esensial yang wajib dikunjungi saat di Lombok.

1. Pantai Tanjung Aan

Pantai yang berada di daerah selatan Lombok ini mempunyai keunikan yakni tekstur pasirnya unik menyerupai biji merica. Area sekitarnya dikelilingi pepohonan yang rimbun dan bukit-bukit yang bisa didaki untuk melihat area pantai dari ketinggian.
Selain mendaki bukit, kamu juga bisa melakukan aneka aktivitas seperti snorkeling, bersantai di pinggir pantai, bahkan berselancar.

Kalau datang ke sini pada bulan Februari, bisa menonton ritual Bau Nyale yaitu mencari cacing laut yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai reinkarnasi Puteri Mandalika.

2. Gunung Rinjani

Salah satu ikon wisata alam di Lombok yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian3.726meter di atas permukaan laut (mdpl).

Walaupun treknya terhitung berat, namun jangan takut Sepanjang perjalanan, mata dimanjakan dengan hamparan pepohonan hutan hujan dan sabana luas lengkap dengan Edelweis.

Di tengah perjalanan menuju puncak, anda juga bisa beristirahat di Danau Segara Anak yang airnya berwarna kebiru-biruan dan berkilau terkena sinar matahari.

3. Bukit Merese

Berbeda dengan Rinjani, tak memerlukan banyak usaha melewati trek yang susah untuk sampai di atas bukit dan menikmati hamparan pantai yang bisa dilihat dari sini.

Bukit Merese

Cukup berjalan mendaki sebentar dan bisa langsung melihat pemandangan garis Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung. Duduk di atas rerumputan dengan suara ombak dan semilir angin, dijamin membuat betah berlama-lama disini. Apalagi, Bukit Merese ini adalah salah satu spot terbaik untuk menunggu matahari terbenam di Lombok dengan nuansa eksotisnya.

4. Kampung Sade

Ada kekayaan Lombok lainnya yaitu adat-istiadat Lombok yang masih dilestarikan sampai sekarang di Desa Sade dan Sasak. Anda bisa melihat rumah-rumah tradisional yang masih menggunakan tiang kayu untuk penyangga, alang-alang kering yang dijadikan atap, dan dinding bambu.
Sebab mereka melakukan perkawinan antar saudara, kediaman itu ditinggali oleh orang asli Kampung Sade yang masih satu keturunan

salah satu mata pencaharian warga desa merupakan menjual kain tenun yang dibuat secara tradsional yang dimulai dari memintal kapas kering untuk dijadikan benang kemudian mewarnai benang itu dengan bahan-bahan alami. Anda bisa membeli kain tenun yang sudah jadi dan belajar untuk membuat kain tenun menggunakan alat-alat tradisional.

5. Gili Trawangan

Mau bersantai ataupun berpesta, Gili Trawangan merupakan destinasi yang pas untuk dijadikan penutup perjalanan di Lombok. Pulau tanpa kendaraan bermotor dan berpasir putih ini ini menjadi salah satu daya tarik utama saat berkunjung ke Lombok.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari mencicipi fresh seafood, berjemur, berenang, snorkeling, melihat penyu, canoeing, kayaking, hingga resto hopping. Anda bisa bermalam di aneka penginapan yang ada, mulai dari hostel, tempat glamping, cottage sampai resort yang mempunyai pantai pribadi.

Di Gili Trawangan, kamu juga bisa mengikuti kursus menyelam yang disediakan oleh berbagai operator diving yang mempunyai fasilitas kolam renang latihan sampai peralatan dan bahtera untuk menyelam.

  • Ribuan Pendukung Di Lombok Teriakan Prabowo Presiden (channelrakyat.com)

    Ribuan Pendukung Di Lombok Teriakan Prabowo Presiden

    Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menggelar kampanye terbuka di Lapangan Kara…
Load More Related Articles
Load More By Admin
Load More In Wisata
Comments are closed.

Check Also

Megawati: Prabowo Tak Pernah Menghujat

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP  mengatakan, hubungan pribadinya dengan Prabowo Sub…