Home Budaya “Morfologi” Ilmu tentang Bentuk

“Morfologi” Ilmu tentang Bentuk

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada “Morfologi” Ilmu tentang Bentuk
0
111

Morfologi dipakai oleh berbagai cabang ilmu. Secara harfiah, morfologi berarti ‘pengetahuan tentang bentuk’ (morphos). Berikut beberapa ilmu yang menggunakan nama morfologi: Cabang ilmu ini tidak hanya digunakan dalam ilmu bahasa, tetapi juga dipakai dalam cabang ilmu eksakta, seperti ilmu Biologi dan ilmu Bumi. Dalam ilmu bahasa, kajian Morfologi biasanya diperuntukkan dalam membahas kesalahan-kesalahan dalam sebuah teks. Permasalahan ini sejalan dengan pernyataan dari seorang ahli bahasa yang bernama Chaer, yang menulis bukunya  pada tahun 2008, yang mengatakan bahwa; ““Bentuk dasar adalah bentuk yang kepadanya dilakukan proses morfologi. Bentuk dasar itu dapat berupa akar seperti baca, memahat dan berjuang. Dapat berupa bentuk polimorfonemis seperti bentuk bermakna, berlari, dan jual beli pada kata kebermaknaan, berlari-lari dan berjual beli”.

Kajian Morfologis ini juga digunakan dalam proses Abreviasi. Dalam sistem kebahasaan, Abreviasi merupakan proses pemenggalan satu atau beberapa bagian leksem atau kombinasi leksem sehingga terjadilah bentuk baru. Hal ini sejalan dengan kutipan dari seorang ahli Bahasa yang bernama Kridalaksana, yang menulis bukunya pada tahun 2001, menyatakan bahwa; ” Istilah lain Abreviasi adalah pemendekan, sedangkan hasil dari prosesnya disebut kependekan. Dalam proses ini, leksem atau gabungan leksem menjadi kata kompleks atau akronim”.

Pernyataan dari Kridalaksana itu dapat dibuktikan dengan terbitnya buku-buku tentang kajian morfologi terbaru, selalu membagi morfologi atas derivasi dan infleksi. Secara harfiah, proses morfologi derivasi adalah proses morfologi yang menurunkan leksem dari suatu leksem ke leksem lainnya, sedang- kan proses morfologi infleksi adalah proses morfologi yang menurunkan bentuk dari suatu struktur sebuah kata dari suatu leksem. Jadi dalam meneliti kajian Morfologi, para peneliti akan berhadapan dengan proses morfologi dan perubahan kelas kata.

Dalam membahas kajian Morfologi dalam lintas bahasa, akan memiliki kaitan yang sangat erat dengan penelitian budaya suatu bangsa. Hal ini disebabkan, karena selain sebagai alat komunikasi verbal manusia, baik secara tertulis maupun lisan, bahasa juga dianggap sebagai bagian dari kebudayaan yang dapat menunjukkan tinggi rendahnya kebudayaan bangsa.

Dalam ilmu Biologi, kajian Morfologis digunakan, untuk mengetahui berbagai jenis dan varietas tanaman Kegiatan penggolongan tersebut dimaksudkan untuk mengkaji perbedaan struktur anatomi daun pada sejumlah aksesi yang diambil dari lokasi penelitian, pengambilan daun tanaman, yang akan dijadikan sampel guna pengamatan anatomi yaitu daun yang telah membentuk sempurna terletak pada cabang terbawah, pada ranting pertama dan urutan daun

Load More Related Articles
Load More By Admin
Load More In Budaya
Comments are closed.

Check Also

Megawati: Prabowo Tak Pernah Menghujat

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP  mengatakan, hubungan pribadinya dengan Prabowo Sub…