Home Budaya Aswari Borong 6 Piala Adipura untuk Kabupaten Lahat

Aswari Borong 6 Piala Adipura untuk Kabupaten Lahat

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Aswari Borong 6 Piala Adipura untuk Kabupaten Lahat
0
89

Upaya Bupati Lahat Aswari Rivai dalam menjaga kebersihan di Kabupaten Lahat menoreh hasil maksimal. Di bawah kepemimpinan Aswari Rivai, Lahat mendapat enam Piala Adipura berturut-turut. Sehingga total piala Adipura yang didapat Kabupaten lahat adalah 10 piala

“Piala itu milik masyarakat. Harapan saya masyarakat membantu pemerintah untuk sama-sama menjaga kebersihan di Lahat,” kata Bupati Lahat yang akrab dipanggil Kak Wari ini.

Kabupaten Lahat awalnya hanya terdiri dari 7 kecamatan yaitu Lahat, Kikim, Kota Agung, Jarai, Tanjung Sakti, Pulau Pinang, dan Merapi. Tetapi setelah pemekaran, jumlah kecamatan di kabupaten Lahat meningkat menjadi 22 Kecamatan.

 

Dengan luas 4.361,83 kilometer persegi, total masyarakat mencapai 384.600 jiwa dari catatan pada tahun 2013 dan kepadatan penduduk di Kabupaten Lahat mencapai 88,17 jiwa / kilometer persegi. Mendapatkan Piala Adipura tentu bukan hal yang mudah,  Total  ada 22 Kecamatan yang harus dibina. Keterpaduan antara pemerintah dan masyarakat harus dibangun dengan benar.

Hal ini telah dibuktikan oleh Calon Gubernur Sumatera Selatan Periode 2018-2023, Aswari Rivai, selama masa jabatannya sebagai Bupati Kabupaten Lahat. kekompakan ini tidak hanya dibangun oleh Aswari untuk piala Adipura saja. Dalam sehari-hari Aswari Riva’i memang sering turun langsung ke masyarakat untuk melihat keadaan mereka

Sekilas Adipura

Adipura, merupakan penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Adipura dibagi menjadi lima kategori baru, yaitu Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bakti dan Adipura Parpurna.

  1. Adipura Buana:

Diberikan kepada pemerintah daerah yang menggabungkan elemen sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari Warga kota yang peduli lingkungan Hidup.

  1. Adipura Kirana:

Padalah anugerah yang penilaiannya dititikberatkan pada kota yang mampu  mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade,  tourism and investmen yang berbasis pengelolaan  lingkungan hidup.

  1. Adipura Karya:

Menggabungkan aspek sosial dan ekonomi untuk membentuk kota yang produktif , penciptaan lapangan kerja, pendidikan kesehatan, transportasi massal ramah lingkungan dan jaringan kerjasama antar daerah.

  1. Adipura Bhakti:

Dianugerahkan kepada Para Walikota / Bupati yang Progresif, Kolaboratif dan Kreatif.

  1. Adipura Parpurna:

Adipura Paripurna adalah penghargaan tertinggi terhadap kota/ibu kota yang mampu memberikan kinerja terbaik untuk kedua kategori Adipura yaitu Adipura Kirana dan Adipura Buana. Anugerah ini juga diberikan kepada daerah yang mampu melakukan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Load More Related Articles
Load More By Admin2
Load More In Budaya
Comments are closed.

Check Also

CEO TWITTER Cari Bantuan untuk ‘Bersihkan’ Twitter

Twitter menghadapi tuntutan dari berbagai pihak untuk membersihkan konten negatif yang ada…