Home Budaya Botol Berisi Pesan Berusia 132 tahun

Botol Berisi Pesan Berusia 132 tahun

5 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Botol Berisi Pesan Berusia 132 tahun
0
172

Pesan botol tertua di dunia ditemukan di pantai Australia Barat. Pesan tersebut ditemukan oleh sebuah keluarga di sekitar pantai pada akhir Januari. Saat ini, pesan di botol sedang diteliti dan akan dipamerkan di museum di Australia Barat.

1. Dua penemu pesan ini di dalam botol
Dilansir dari BBC, USA Today dan media lokal Australia, ABC, penemuan ini diumumkan di museum Western Australia, Selasa (6/6/2018). Pesan di botol itu diketahui berusia 132 tahun. Botol yang berisi pesan itu diketahui dibuang di Samudra, dan terdampar  di lepas pantai Australia.

Sebagai informasi, Jerman pernah bereksperimen dengan membuang ribuan botol ke laut berisi pesan. Tapi sampai saat ini hanya 662 pesan yang ditemukan. Botol terakhir dengan catatan yang bisa ditemukan ada di Denmark pada tahun 1934.

2. Penemuan ini tidak disengaja. Awalnya, Tonya Illman mengambil botol itu untuk dipajang di rak buku. Saat itu, keluarga Illman melaju melewati pantai utara Wedge Island pada 21 Januari 2018. Ketika mobilnya mogok terjebak pasir, Tonya Illman dan teman-temannya memutuskan untuk jalan-jalan.

Melihat ada botol yang dianggap bagus untuk menghiasi rak buku, Tonya Ilman akhirnya memutuskan untuk membawanya pulang.

Dari luar botol Tonya Illman dan suaminya Kym Illman melihat sebuah kertas digulung dalam botol dengan pasir. semula Mereka mengira itu rokok.

3. Mereka hanya tahu jika kertas berisi pesan setelah mengeringkannya di oven
Ketika mereka membawanya pulang mereka masih belum tahu apa isi botol tersebut. Dia baru menyadari bahwa itu adalah pesan setelah mencoba melepas tali di sekitar kertas dan mengeringkannya di oven.

Pesan tersebut berisi permintaan kepada pembaca untuk menghubungi konsulat Jerman saat menemukan botol dan catatan tersebut. Keluarga Illman akhirnya membawa botol dan pesan tersebut ke para ahli di Western Australian Museum.

4. Para ahli mengkonfirmasi jika pesan yang ditemukan adalah pesan otentik dari kapal Jerman, Paula
Para ahli telah mengkonfirmasi jika pesan yang ditemukan Tonya Illman asli berasal  dari kapal Jerman. Masuknya botol itu bertanggal 12 Juni 1886 dan dilemparkan dari sebuah kapal Jerman bernama Paula, sebagai bagian dari percobaan ke laut dan rute pelayaran oleh German Naval Observatory.

Sebelumnya, Guinness Book Record mencatat pesan tertua dalam botol berusia 108 tahun. Dengan begitu, pesan yang ditemukan di wilayah Australia ini menjadi pesan dalam botol tertua di dunia.

5. Pesan dalam botol ini meminta siapa saja yang menemukan pesan ini untuk menghubungi konsulat Jerman
Asisten Kurator Arkeologi Maritim di Museum Western Australia mengkonfirmasi bahwa penemuan tersebut merupakan pesan asli setelah berkonsultasi dengan rekan-rekannya dari Jerman dan Belanda. Tulisan tangan dan pesan botol masuk ke dalam Paula Meteorological Journal.

6. Pesan di dalam botol sekarang dipajang di Museum Western Australia
Keluarga Illman  telah menyerahkan temuan ini ke Museum Australia Barat   dan dipamerkan ke publik pada hari Rabu (7/3/2018).

Menteri Kebudayaan dan Seni Australia Barat David Templeman sangat senang dengan penemuan ini. Sementara dalam tulisan onlinenya, Tonya Illman menggambarkan temuannya sebagai sesuatu yang luar biasa.

Load More Related Articles
Load More By Admin2
Load More In Budaya
Comments are closed.

Check Also

CEO TWITTER Cari Bantuan untuk ‘Bersihkan’ Twitter

Twitter menghadapi tuntutan dari berbagai pihak untuk membersihkan konten negatif yang ada…