Home Ekonomi Menhub Siapkan Tim Dan Perangkat Hukum Terkait Tumpahan Minyak Di Balikpapan

Menhub Siapkan Tim Dan Perangkat Hukum Terkait Tumpahan Minyak Di Balikpapan

2 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Menhub Siapkan Tim Dan Perangkat Hukum Terkait Tumpahan Minyak Di Balikpapan
0
118

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam sambutan di acara ‘Simposium Internasional Lingkungan Kelautan’, mengapresiasi pihak Universitas Balikpapan dan PT Slickbar, atas inisiasinya membuat acara diskusi tentang pencemaran lingkungan.

Khususnya, terkait dalam hal dampak dari kasus tumpahan minyak yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

“Kita tahu problem pencemaran minyak ini banyak terjadi di negara kita. Oleh karenanya, kita harus aware kalau ini akan terjadi lagi, ada kemungkinan terjeleknya meskipun kita tidak mendoakan,” kata Budi di sebuah hotel kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 28 November 2018.

Budi mengaku, mengenai langkah Kementerian Perhubungan dalam upaya ikut menanggulangi masalah tersebut, pihaknya sudah menyediakan perangkat hukum, tim, dan satuan-satuan kerja yang akan turut menangani masalah tersebut.

Menhub Siapkan Tim Dan Perangkat Hukum Terkait Tumpahan Minyak Di Balikpapan
Menhub Siapkan Tim Dan Perangkat Hukum Terkait Tumpahan Minyak Di Balikpapan

“Sehingga kejadian seperti di Balikpapan tidak terjadi lagi. Karena kejadian itu pasti masif dalam membuat daerah perairan itu tercemar dan menimbulkan kerusakan biota laut yang ada di sana,” kata Budi.

Kemudian lanjut Budi, selain dalam aspek regulasi, hal lain yang perlu diperkuat adalah upaya pengembangan komunitas, terutama yang terkait dengan kelestarian lingkungan sebagai garda terdepan dalam menjaga keragaman hayati dari dampak-dampak pencemaran semacam itu.

“Saya pikir selain membuat aturan, kita membuat komunitas yang concern tentang lingkungan. Karena tanpa penguatan komunitas ini, concern terhadap hal tersebut akan tidak berdaya. Kegiatan kontrak kita lakukan kegiatan langsung mengajak para komunitas,” ujar Budi.

Sebelumnya, pada 31 Maret 2018, kasus tumpahan minyak kembali terjadi di wilayah Balikpapan, Kalimantan Timur. Adapun tumpahan minyak itu berasal dari kilang milik PT Pertamina, akibat pipa Refinery Unit V milik Pertamina yang berada di perairan Balikpapan, patah setelah dihantam Kapal Tanker MV Ever Judger.

Load More Related Articles
Load More By channelrakyat.com
Load More In Ekonomi
Comments are closed.

Check Also

Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan, Lembaga Pers Pakistan Surati Jokowi

Lembaga Pers Pakistan (PPF) mengecam keras kekerasan terhadap wartawan saat kerusuhan dala…