Home Nasional Agar Lebih Berkualitas, BPN Prabowo-Sandi Siap Debat Kedua Tanpa Kisi-Kisi

Agar Lebih Berkualitas, BPN Prabowo-Sandi Siap Debat Kedua Tanpa Kisi-Kisi

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Agar Lebih Berkualitas, BPN Prabowo-Sandi Siap Debat Kedua Tanpa Kisi-Kisi
0
180
Agar Lebih Berkualitas, BPN Prabowo-Sandi Siap Debat Kedua Tanpa Kisi-Kisi

Debat perdana Pilpres 2019 telah usai digelar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada debat perdana kemarin telah memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada kedua paslon capres dan cawapres. Kini, pasangan capres cawapres akan menghadapi debat kedua pada Pebruari mendatang.

Langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengubah format debat kedua tanpa ada kisi-kisi disambut baik Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Tim Prabowo berharap debat kedua dengan tema energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup akan lebih baik dan berkualitas untuk rakyat.

“Mengenai rencana KPU tidak akan memberikan kisi-kisi kami pun siap mengikutinya. Apalagi demi tujuan agar debat menjadi lebih berkualitas,” ujar Juru Bicara BPN Andre Rosiade saat dikonfirmasi, Minggu (20/1/2019).

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, pasangan Prabowo-Sandiaga juga siap menghadapi debat kedua tanpa kisi-kisi pertanyaan. Andre juga menyebut pihaknya turut mendukung jika KPU melarang kandidat capres-cawapres membawa contekan atau tablet saat debat berlangsung.

“Agar Rakyat mendapatkan jawaban dari kepala kandidat bukan dari teks atau contekan. Sehingga Rakyat benar-benar bisa menilai kualitas masing-masing kandidat,” ungkap Andre.

Agar Lebih Berkualitas, BPN Prabowo-Sandi Siap Debat Kedua Tanpa Kisi-Kisi
Agar Lebih Berkualitas, BPN Prabowo-Sandi Siap Debat Kedua Tanpa Kisi-Kisi

Sebelumnya, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, seluruh komisioner KPU sudah melakukan rapat pleno untuk mengevaluasi secara menyeluruh jalannya debat pertama. Hasilnya, pihaknya berkomitmen memperbaiki format dan mekanisme debat menjadi lebih baik.

“Debat kedua, format dan mekanisme akan kita rancang sedemikian rupa agar memungkinkan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden menunjukkan performa, kapasitas terkait penyampaian gagasan-gagasan besar yang tercantum dalam visi, misi, program untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” ujar Wahyu ditemui di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Minggu (20/1/2019).

Adapun salah satu format yang bakal diubah dalam debat adalah meniadakan kisi-kisi soal dari panelis kepada pasangan calon. Selain itu durasi penyampaian visi misi dan program pasangan calon bakal diperpanjang.

Selanjutnya, format yang bakal diubah yakni teknis panggung. Wahyu mengatakan pihaknya banyak mendapat kritik soal teknis panggung pada debat pertama. Rakyat, katanya, merasa tidak nyaman karena gaduh mengingat debat pertama dihadiri juga oleh pendukung paslon.

Dikatakan Wahyu, pihaknya mempertimbangkan mengurangi jumlah pendukung yang diizinkan masuk ke arena debat, untuk mengantisipasi kegaduhan dan kebisingan. Termasuk juga mengatur tamu undangan supaya lebih tertib dalam menyaksikan debat. Sebab jika masyarakat terganggu dalam menyimak debat, tujuan debat tidak bakal tercapai.

Load More Related Articles
Load More By channelrakyat.com
Load More In Nasional
Comments are closed.

Check Also

Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan, Lembaga Pers Pakistan Surati Jokowi

Lembaga Pers Pakistan (PPF) mengecam keras kekerasan terhadap wartawan saat kerusuhan dala…