Home Nasional Indikasi Kecurangan Sejak Awal Terkait Surat Suara Tercoblos Di Malaysia 

Indikasi Kecurangan Sejak Awal Terkait Surat Suara Tercoblos Di Malaysia 

3 min read
0
0
28

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan, pihaknya mencium banyak dugaan kecurangan dari proses pemungutan suara di Malaysia. Kecurigaan awal bermula saat Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (PPLN) setempat menolak pengawasan pihak Bawaslu saat melaksanakan pencoblosan.

Hal tersebut disampaikan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja saat dihubungi wartawan, Kamis (11/4).

“Kami sudah meminta kepada KPU dan kepada PPLN agar (Pokja) pengawas pemilu luar negeri (di Malaysia) diikutkan dalam metode pemungutan suara yang memakai kotak suara keliling (KSK). Namun mereka menolak,” ujar Bagja.

Bawaslu menduga, ada potensi kecurangan tengah dilakukan oleh PPLN di Malaysia saat para petugas kotak suara keliling atau KSK menjalankan tugasnya.

“Mungkin ada sesuatu, itu kan sudah ada tanda-tandanya. Kami bilang ini sudah ada tanda-tandanya bahwa PPLN mau aneh-aneh,” katanya.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja (channelrakyat.com)
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja

Selain kecurigaan awal tersebut, sebelumnya Bawaslu juga sempat menyampaikan surat kepada KPU RI, terkait rekomendasi pergantian Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia sebagai anggota PPLN.

Dikarenakan, sosok tersebut rawan terjadi konflik kepentingan dengan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana yang anaknya, Davin Kirana tengah ikut kontestasi Caleg DPR RI Dapil Jakarta 2 dari Partai Nasdem, yang masuk dalam surat suara pemilih luar negeri.

“Agar tidak terjadi konflik kepentingan karena Pak Duta Besar punya anak yang sedang running (nyaleg),” tutur Bagja.

Indikasi Kecurangan Sejak Awal Terkait Surat Suara Tercoblos Di Malaysia (channelrakyat.com)
Indikasi Kecurangan Sejak Awal Terkait Surat Suara Tercoblos Di Malaysia

Sebelumnya, video viral berdurasi sekitar satu menit menginformasikan adanya paket-paket berisi surat suara dan surat suara yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia. Informasi ini ditemukan oleh pengawas pemilu di Malaysia.

Melalui video tersebut terungkap ada temuan surat suara yang sudah tercoblos paslon capres-cawapres 01. Selain itu ada pula surat suara pileg yang telah tercoblos untuk caleg DPR dari Partai NasDem.

Load More Related Articles
Load More By channelrakyat.com
Load More In Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Hitungan Rekat, Prabowo-Sandi Lebih Unggul 67,8 Persen

Perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto…