Home Politik MK Segera Proses Gugatan Permohonan Prabowo-Sandi

MK Segera Proses Gugatan Permohonan Prabowo-Sandi

3 min read
0
0
37
MK Segera Proses Gugatan Permohonan Prabowo-Sandi (channelrakyat.com)

Mahkamah Konstitusi (MK) akan meregistrasi permohonan sengketa dari hasil perolehan suara dalam pemilihan umum presiden tahun 2019 (Pilpres 2019) pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2019.

“Hari ini permohonan sengketa hasil perolehan suara dalam Pilpres 2019, baru akan diregistrasi,” ucap juru bicara MK Fajar Laksono seperti yang di terima media pada hari Selasa 11 Juni 2019.

Dengan di mulainya tahap registrasi, maka data data permohonan sengketa dugaan kecurangan Pilpres 2019 di nilai oleh MK sudah lengkap serta diap untuk di bawa ke dalam sidang panel yang akan di gelar pada tanggal 14 Juni 2019 yang kaan datang.

Pencatatan permohonan pemohon Buku Perkara Konstitusi untuk Pemilihan Umum Presiden yang di laksanakan pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2019 ini, jadi penanda jika proses penyelesaian sengketa hasil pemilihan umum presiden tahun 2019 di MK hingga saat ini sudah memasuki tahap ke empat

MK Segera Proses Gugatan Permohonan Prabowo-Sandi
MK Segera Proses Gugatan Permohonan Prabowo-Sandi

Sebelumnya MK mengumumkan bahwa penanganan perkara Pemilu di MK sendiri terdiri dari sebelas tahap, mulai dari pengajuan permohonan sampai nanti penyerahan salinan putusan.

Sebelas tahap itu di berlakukan berdasarkan Peraturan MK No.5/2018 mengenai tahapan, kegiatan, serta jadwal penangan perkara perselisihan hasil Pemilu.

Adapun tahap pertama ialah pengajuan pemohon yang juga di mulai pada tanggal 22 sampai 24 Mei untuk sengketa Pemilu Presiden. Sementara untuk sengketa Pemilu Legilatif pada tanggal 21 Mei sesudah pengumuman hasil rekapitulasi oleh KPU sampai tanggal 24 Juni.

Setelah pengajuan permohonan, tahap selanjutnya ialah pemeriksaan kelengkapan permohonan peohon lalu di lanjutkan dengan perbaikan kelengkapan permohonan pemohon yang juga merupakan tahap ketiga.

Tahap ke empat ialah pencatatan permohonan pemohon di BTPK (registrasi permohonan). Tahap kelima ialah penyampaian salinan permohonan  juga untuk pemberitahuan sidang yang pertama untuk pihak pemohon, pihak terkait serta untuk Bawaslu.

Sidang pendahuluan sebagai tahap ke enam untuk Pemilihan Umum akan di agendakan di gelar pada tanggal 14 Juni, Pemilu Legislatif pada tanggal 9 Juli hinga tanggal 12 Juli. Setelah tahap pemeriksaan pendahuluan di lalui, pemohon di minta untuk terus menyerahkan perbaikan jawaban juga keterangan untuk sang pihak pemohon.

Sedangkan sidang pemeriksaan sebagai tahap ke delapan, di agendakan pada tanggal 17 Juni untuk pemilihan Umum Presiden serta untuk pemilihan Umum Legislatif yang akan di agendakan pada tanggal 13 Juni sampai tanggal 30 Juni.

 

Load More Related Articles
Load More By channelrakyat.com
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Indonesia Nantikan Hasil Usai Ditutupnya Sidang MK

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengakhiri sidang kelima sengketa Pemilihan Preside…