Home Nasional Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.100 Meter

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.100 Meter

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.100 Meter
0
84
Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.100 Meter (channelrakyat.com)

Yogyakarta – Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan awan panas guguran sejauh 1.100 meter ke arah hulu Kali Gendol pada hari Senin, 01 Juli 2019.

Melalui akun Twitter resminya yang dipantau di Yogyakarta, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menuturkan bahwa luncuran awan panas guguran Merapi terjadi sekitar pukul 06:13 WIB mempunyai amplitudo 75 mm dan durasi 110 detik.

Menurut pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada pukul 00:00-06:00 WIB, tiga kali guguran lava juga terpantau turun dari Gunung Merapi dengan jarak maksimum 600-850 meter ke hulu Kali Gendol.

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.100 Meter  (channelrakyat.com)
Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.100 Meter (channelrakyat.com)

Selain guguran lava, selama masa itu Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga merekam 17 gempa guguran dengan amplitudo 2-24 mm dan durasi 38.44-86.08 detik dan satu gempa fase banyak dengan amplitudo 4 mm serta durasi 9.44 detik.

Hasil pengamatan visual memberitahukan asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dengan tinggi 15 meter di atas puncak kawah. Angin di gunung tersebut bertiup lambat ke arah barat dan barat. Suhu udara 11-15.8 derajat Celsius, kelembaban udara 49-80 persen, hingga tekanan udara 628.4-709.1 mmHg.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memberitahu warga untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Sehubungan semakin jauhnya jarak luncur awan panas guguran Merapi, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga mengimbau warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol meningkatkan kesiapsiagaan.

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak terpancing rumor-rumor  perihal erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti petunjuk aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi atau kantor BPPTKG, maupun lewat media sosial BPPTKG.

Load More Related Articles
Load More By channelrakyat.com
Load More In Nasional
Comments are closed.

Check Also

Indonesia Nantikan Hasil Usai Ditutupnya Sidang MK

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengakhiri sidang kelima sengketa Pemilihan Preside…